KEPALA
SEKOLAH SEBAGAI ADMINISTRATOR
Kepala sekolah sebagai administrator menurut Mulyasa memiliki hubungan yang
sangat erat dengan berbagai aktifitas pengelolaan administrasi yang bersifat
pencatatan, penyusunan dan pendokumenan seluruh program sekolah secara
spesifik. Kepala sekolah harus memiliki kemampuan untuk mengelola kurikulum,
administrasi peserta didik, administrasi personalia, administrasi kearsipan dan
administrasi keuangan.” Kegiatan tersebut perlu dilakukan
dengan cara efektif dan efisien agar dapat menunjang produktifitas sekolah.
Lebih lanjut Purwanto sebagaimana
dikutip Baharudin dalam buku Manajemen Pendidikan Islam menjelaskan pengertian
administrasi pendidikan adalah segenap proses pengerahan dan pengintegrasian
segala sesuatu, baik personal, spiritual maupun material, yang bersangku paut
dengan pencapaian tujuan
Kemampuan-kemampuan
kepala sekolah terkait sebagai administrator dapat dijabarkan dalam tugas-tugas
operasional berikut:
1.
Kemampuan
kurikulum harus diwujudkan dalam penyusunan kelengkapan data administrasi
bimbingan konseling, adminstrasi kegiatan praktikum dan kelengkapan data
administrasi kegiatan belajar mengajar.
2.
Kemampuan
mengelola administrasi peserta didik harus diwujudkan dalam penyusunan
kelengkapan data administrasi peserta didik, penyusunan kelengkapan data
administrasi kegiatan ekstrakurikuler dan penyusunan data admnistrasi hubungan
sekolah dengan orang tua dan peserta didik.
3.
Kemampuan
mengelola administrasi personalia harus diwujudkan dalam pengembangan
kelengkapan data administrasi tenaga guru serta pengembangan kelengkapan data
administrasi tenaga kependidikan seperti pustakawan, pegawai tata usaha,
penjaga sekolah dan teknisi.
4.
Kemampuan mengelola
administrasi sarana dan prasarana harus diwujudkan dalam pengembangan
kelengkapan data administrasi gedung dan ruang, pengembangandata administrasi
meubeler, pengembangan kelengkapan data administrasi alat kantor (AMK),
pengembangan kelengkapan data administrsi buku atau bahan pustaka, kelengkapan
data administrsi alat laboratorium, serta pengembangan kelengkapan data
administrsi alat bengkel.
5.
Kemampuan
mengelola administrasi kearsipan harus diwujudkan dalam pengembangan
kelengkapan data administrsi surat masuk, kelengkapan data administrsi surat
keluar, pengembangan kelengkapan data administrsi surat keputusan, pengembangan
kelengkapan data administrsi surat edaran.
6.
Kemampuan
mengelola administrasi keuangan diwujuudkan dalam pengembangan administrasi
keuangan rutin, pengembangan administrasi keuangan yang bersumber dari
masyarakat dan orang tua peserta didik, dari pemerintah diantaranya dana
Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Pengembangan proposal untuk mencari bantuan
keuangan dan pengembangan propposal untuk mencari berbagai kemungkinan dalam
mendapatkan bantuan keuangan dari berbagai pihak yang tidak mengikat.
Herk (1994)
menyarankan agar kepala sekolah sebagai administrator tidak memandang guru
sebagai bawahan, melainkan sebagai teman sejawat. Sikap dan perilaku
administrator hendaknya bisa membuat guru-guru lebih merasa dihargai
dan dihormati kemampuan profesionalnya. Sehingga guru-guru tidak segan
menanyakan dan mendiskusikan sesuatu yang berkaitan dengan tugasnya kepada
administrator. Komunikasi antar guru dan administrator akan menjadi lancar.
Situasi ini akan mempermudah administrator memberi drongan kepada guru-guru
untuk meningkatkan prestasi kerja mereka.
Untuk mensukseskan tugasnya, maka administrator
hendaknya memiliki ketrampilan sebagai berikut:
1. Ketrampilan konsep adalah suatu ketrampilan untuk menciptakan konsep-konsep
baru baik untuk kepentingan manajemen maupun administrasi sekolah.
2. Kemampuan manusiawi adalah kemampuan administrator untuk berkomunikasi,
membina dan menunjukkan perilaku kepada para personalia sekolah terutama para
guru.
3. Ketrampilan tehnik adalah ketrampilan tentang tehnik-tehnik mendidik,
mengajar dan ketatausahaan.
Menurut Purwanto Kepala sekolah sebagai administrator pendidikan
bertanggung jawab terhadap kelancaran pelaksanaan pendidikan dan pengajaran di
sekolah. Oleh karena itu untuk melaksanakan tugasnya dengan baik, kepala
sekolah hendaknya memahami, menguasai dan mampu melaksanakan kegiatan-kegiatan
yang berkenaan dengan tugasnya sebagai administrator.
Mengkutip :
umifarida28.blogspot.com
thanks 😊
BalasHapus