Kegiatan
apa saja yang termasuk di dalam fungsi-fungsi manajemen tersebut? Jika kita
menggunakan fungsi-fungsi manajemen menurut Nickels, McHugh and McHugh, maka
beberapa kegiatan yang terkait dengan setiap fungsi manajemen adalah sebagai
berikut:
a. Fungsi
Perencanaan (Planning)
- Menetapkan tujuan dan target bisnis
- Merumuskan strategi untuk mencapai tujuan dan
target bisnis tersebut
- Menentukan sumber-sumber daya yang diperlukan
- Menetapkan standar/indikator keberhasilan dalam
pencapaian tujuan target bisnis
b. Fungsi Pengorganisasian
(Organizing)
- Mengalokasikan sumber daya, merumuskan dan
menetapkan tugas, dan menetapkan prosedur yang diperlukan
- Menetapkan struktur organisasi yang menunjukkan
adanya garis kewenangan dan tanggung jawab
- Kegiatan penempatan sumber daya manusia pada
posisi yang paling tepat
c. Fungsi
Pengimplementasian (Directing)
- Mengimplementasikan proses kepemimpinan,
pembimbingan, dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja agar dapat
bekerja secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan
- Memberikan tugas dan penjelasan rutin mengenai
pekerjaan
- Menjelaskan kebijakan yang ditetapkan
d. Fungsi Pengawasan
(Controlling)
- Mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan
dan target bisnis sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan
- Mengambil langkah klarifikasi dan koreksi atas
penyimpangan yang munkin ditemukan
- Melakukan berbagai alternatif solusi atas
berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan dan target bisnis
Sebagai contoh, marilah kita gunakan bisnis restoran.
Untuk menjalankan kegiatan bisnis restoran misalnya, yang termasuk dalam kegiatan
perencanaan adalah ketika kita menetapkan mengapa kegiatan bisnis
restoran dilakukan, siapa yang akan dijadikan konsumen, bagaimana keinginan
konsumen tersebut, dan bagaimana agar kita dapat memenuhinya. Apa yang ingin
dicapai dari kegiatan bisnis tersebut kemudian dituangkan dalam tujuan,
strategi, dan rencana kegiatan. Adapun yang termasuk dalam kegiatan
pengorganisasian adalah ketika kita menetapkan berapa banyak orang
yang kita perlukan untuk menjalankan bisnis restoran atau rumah makan, tugasnya
apa saja, termasuk di dalamnya bagaimana mendapatkan orang-orang tersebut untuk
bisa bekerja bersama kita.
Yang tercakup dalam kegiatan
pengimplementasian, misalnya adalah proses pengerjaan yang dilakukan
oleh setiap orang-orang yang bekerja bersama kita, proses memotivasi
orang-orang agar bisa bekerja dengan berorientasi pada kualitas, proses
bagaimana kita dapat memahami setiap motivasi dan perubahan yang ada pada
orang-orang yang bekerja dengan kita, hingga proses bagaimana kita dapat
memahami keluhan-keluhan yang mungkin disampaikan kepada kita. Kegiatan
pengendalian dan pengawasan meliputi, misalnya kegiatan pengecekan
apakah para pegawai kita melayani pelanggan dengan baik, apakah makanan yang
disajikan tidak basi, dan sebagainya. Keseluruhan proses ini akan lebih
dipahami ketika kita mencoba memahami proses manajemen dari sudut operasionalnya.
Dikutip:
http://pardi87.heck.in/kegiatan-kegiatan-dalam-fungsi-manajemen.xhtml
Mantab kutipannya tentang Fungsi Pengorganisasian memang sangat dibutuhkan agar organisasi bisa berjalan sesuai rencana
BalasHapus